Kumpulan Tips Dan Tatacara Merias Lengkap

Sabtu, 14 November 2020

Tata Rias Tari Zapin

Sebagai misal adalah tari zapin yang merupakan khasanah tarian rumpun melayu yang mendapat pengaruh arab. Ada banyak tarian tradisional yang ada di indonesia bahkan beberapa di antaranya sudah dikenal sampai ke mancanegara.

Sanggar Nusantara Dot Com Jakarta Sewa Baju Melayu Di Jakarta Hub Telepon 085211711318 Atau 087776761152 Dan 08129704633 Di 2020 Pengantin Pesta Baju Pengantin

Tari zapin merupakan tarian khas melayu yang sangat luar biasa.

Tata rias tari zapin. Pekanbaru khususnya kampung tanjung gemuk dan kampung lamir adalah daerah dimana tari zapin mulai diperkenalkan oleh seorang asal sumatera tahun 1930. Dari pengertian penari tata rias dan busana beserta gerakan. Dengan menekuni konsep tarian ini secara merata kamu hendak lebih menguasai cerminan tarian ini dan nilai estetika yang terdapat di dalamnya.

Seorang penata tari perlu memikirkan dengan cermat dan teliti tata rias dan tata busana yang tepat guna memperjelas dan sesuai dengan tema yang disajikan dan akan dinikmati oleh penonton. Epos ramayana ditunjukkan pada tata rias dan busana punakawan yaitu semar petruk bagong dan gareng. Salah satu tarian tradisional yang dimiliki indonesia adalah tari zapin yang identik dengan kebudayaan melayu.

Tata rias dan tata busana agar tampak menarik tampan dan cantik penari zapin perlu dirias sedemikian rupa dengan riasan khas tarian. Tata rias dan busana pada tari tradisional tidak hanya bersumber pada epos ramayana tetapi juga tarian lepas yaitu tarian yang tidak berhubungan dengan cerita ramayana. Berikut konsep tari zapin mulai dari gerakan iringan tari setting panggung tata rias dan propertinya yang disajikan secara lengkap serta mendetail.

Tari zapin mulanya berasal dari tanah arab yaitu yaman dimana tarian zapin tersebut digunakan sebagai hiburan dikalangan istana khusuhnya di negeri parsi tarian zapi n itu berasal. Tari zapin merupakan tari pergaulan dari rumpun melayu yang juga dipengaruhi oleh budaya arab sehingga mengalami akulturasi. Kemudian dibawa dari hadramaut oleh saudagar arab pada awal abad ke 16 dan masuk ke johor lingga 1824 tumbuh dan berkembang pada kerajaan johor riau dan lingga.

Kostum dan tata rias para penari zapin lelaki mengenakan baju kurung cekak musang dan seluar songket plekat kopiah dan bros. Busana yang dikenakan oleh penari laki laki adalah serangkaian pakaian adat melayu diantaranya adalah baju kurung cekak musang plekat kopiah songket bros dan bawahan seluar. Akulturasi budaya tersebut kemudian melahirkan beberapa kesenian yang sangat kentara dengan nuansa keislaman.

Tari zapin jika berbicara mengenai tarian tradisional indonesia adalah satu negara yang kaya dengan hal tersebut. Sementara untuk penari perempuan berupa baju kurung labuh kain songket kain samping selendang tudung manto anting anting kembang goyang kalung serta riasan sanggul lipat pandan dan conget. Tata rias dan busana juga dapat menunjukkan tokoh lucu.

Tata rias dan tata busana dua serangkai yang tidak dapat dipisahkan untuk penyajian suatu garapan tari. Tari zapin seiring dengan masuknya islam di nusantara pengaruh kebudayaan islam pun turut mewarnai ragam budaya masyarakatnya.

Sanggar Nusantara Dot Com Jakarta Sewa Baju Melayu Di Jakarta Hub Telepon 085211711318 Atau 087776761152 Dan 081297046 Di 2020 Baju Pengantin Pengantin Pakaian

Tarian Lenggang Nyai Betawi Tarian Budaya

Tari Zapin Seiring Dengan Masuknya Agama Islam Di Nusantara Pengaruh Kebudayaan Islam Pun Turut Mewarnai Ragam Budaya Masyarakatnya Akul Sejarah Seni Tarian

Pin On Sewa Baju Adat Melayu Teluk Belanga

Pin Oleh Arisya Aj Di Baju N Perhiasan Kmk Di 2020 Baju Tari Pakaian Kostum Tari

Sanggar Nusantara Dot Com Jakarta Paket Rias Pengantin Melayu Riau Acara Adat Sewa Tari Melayu Di Jakarta Hub Telepon 08521171 Di 2020 Pengantin Pesta Penari

Tari Zapin Bukan Hanya Ada Di Riau Tetapi Juga Dikenal Sebagian Masyarakat Melayu Yang Tersebar Lintas Pulau Hingga Lintas Negara Inp Budaya Penari Selendang


0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label